h1

Mengenal Bahasa Pemograman

Januari 26, 2010

Pada dasarnya sebuah komputer tidak dapat mengerjakan apapun tanpa adanya perintah manusia. Perintah-perintah yang terstruktur dan sistematis untuk membuat komputer bekerja sesuai dengan apa yang diinginkan yang disebut dengan program.  Komputer hanya mengenal satu bahasa yaitu bahasa mesin. bahasa yang sangat berbeda dengan bahasa manusia.

yang peelu diingat bahwa konsep bahasa pemograman adalah merubah/menerjemahkan perintah-perintah (program) yang diberikan oleh manusia ke dalam bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh komputer. Jadi bahasa permograman adalah sarana interaksi manusia dengan komputer.

Penerjemahan  bahasa pemograman dibedakan menjadi tiga macam yaitu :

  1. Assembler, adalah program yang digunakan untuk menerjemahkan kode sumber dalam bahasa rakitan (assembly) kedalam bahasa mesin.
  2. Kompiler, adalah program penerjemah yang mengkonversi semua kode sumber selain dalam bahasa rakitan menjadi kode objek. Hasil berupa ibjek inilah yang bisa dijalankan oleh komputer.
  3. Interpreter, adalah program yang menerjemahkan satu per satu intruksi dalam kode sumber dan kemudian segera menjalankan instruksi yang telah diterjemahkan tersebut. Bahasa seperti BASIC pada awalnya menggunakan konsep intepreter ini.

Macam-macam Bahasa Pemograman :

  1. FORTRAN (Formula Translation). bahasa ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1956 oleh John Backus. dipergunakan untuk mempermudah pembuatan aplikasi matematika, Ilmu pengetahuan dan teknik. Bahasa ini termasuk kedalam Bahasa Tingkat Tinggi.
    Iklan

    One comment

    1. mantap.. sukses terus ya… 🙂

      http://zulfadhlipdkb.wordpress.com/



    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    w

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: